Minggu, 05 Februari 2012

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta, wakil presiden Republik Indonesia yang pertama merupakan sosok pemimpin yang berwatak jujur dan disiplin. Ia juga merupakan negarawan yang demokrat dan ekonom yang berideologi kerakyatan, karena itu ia juga dikenal dengan sebutan bapak koperasi Indonesia.
Mohammad Hatta dilahirkan di bukit tinggi pada 12 Agustus 1902. Ayahnya bernama haji mohammad djamil sedangkan ibunya bernama Siti saleha.
Hatta pernah menjabat menjadi ketua Perhimpunan Indonesia di Belanda, menjadi ketua PNI baru, Menjadi ketua PUTERA pada masa penjajahan jepang dan juga sebagai anggota BPUPKI, PPKI, dan Panitia 9
Selain sahabat , Hatta juga merupakan pengkritik paling tajam Soekarno, Hatta pernah menolak untuk berbicara dengan Soekarno karena Soekarno menduakan Fatmawati.
Mohammad Hatta wafat pada 14 Maret 1980 di rumah sakit cipto mangunkusumo, dalam usia 77 tahun. Dan jasadnya dikebumikan di TPU Tanah Kusir.
 
Hatta bersekolah di sekolah belanda. Dia menyelesaikan sdnya Europese Lagerre School pada 1919. Kemudian menyelesaikan Meer Uitgebreid Lagerre School (MULO) pada di Padang pada 1919. Pada 1921 Hatta melanjutkan SMA nya di Batavia. Setelah itu Hatta terbang ke Belanda untuk melanjutkan kuliahnya di sekolah tinggi ekonomi Handelschogeschool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar